No Comments

Pengertian Tentang Salt Nic

Pengertian Tentang Salt Nic

Buat para pengguna vape, sudah tidak asing lagi tentang liquid freebase dan saltnic, tapi tahukah kamu tentang salt nic ini? seperti apa serta pengertian tentang salt nic ini mari kita bahas lebih dalam pengertian tentang salt nicotin.

Pengguna vaporizer umumnya terbagi menjadi 2 golongan besar. Yang pertama, orang yang ingin berhenti merokok dan yang kedua ialah pengguna Freebase Liquid. Dengan nikotin tradisional yang digunakan dalam vape, yang disebut “freebase nikotin”, beberapa orang tidak memperhatikan bahwa penyerapan nikotin hampir instan seperti bagaimana rokok bertindak, dan mungkin memakan waktu lebih lama untuk memenuhi keinginan akan nikotin. Dengan Salt nikotin, ia memasuki aliran darah Anda jauh lebih cepat untuk mereplikasi rokok, dan biasanya memiliki kadar nikotin yang jauh lebih tinggi untuk dengan cepat menghentikan keinginan akan nikotin.

Tentang Salt Nicotin

Salt Nicotin sendiri adalah nikotin sintetis yang menyerupai rokok. Zat Nicotine yang ada pada daun tembakau alami inilah sebenarnya mengandung salt ( bukan istilah seperti garam dapur ). Salt Nicotin memiliki kadar alkali yang lebih rendah dikarenakan benzoic acid serta memiliki throat hit yang lebih lembut dan membuat vaping dengan nikotin 50mg seperti biasa saja. Salt nicotin cenderung lebih mudah terserap oleh tubuh dan lebih efektif menghantarkan nikotin dibandingkan dengan free base e-liquid.

Sederhananya kandungan nikotin yg terdapat dalam selembar daun tembakau, itulah salt nikotin, pure nicotin. Kenapa dinamakan saltnic? Pada dasarnya, di dalam daun tembakau nikotin hadir dalam 2 proses yg berbeda, yaitu protonasi dan deprotonasi. Protonasi sendiri artinya menambahkan proton ke dalam atom, ion ataupun senyawa tertentu sehingga terjadi proses pembentukan senyawa baru yg bersifat asam. Ini kaitannya dgn proses pembentukan freebase dan salt nikotin.

Sejarah Tentang Salt Nic

Pada tahun 1960 ketika perusahaan Phillip Morris (rokok Marlboro) menemukan cara untuk meningkatkan tendangan nikotin di rokok tanpa harus menambah jumlah tembakau. Caranya adalah dengan memproses tembakau dengan amonia. Ini menjadikan nicotine lebih nendang atau lebih efektif. Disinilah awal tonggak sejarah tentang Salt Nic.

Proses dengan amonia ini melepaskan muatan positif (yang didapat dari salt) yang ada di nikotin sehingga diserap tubuh lebih baik. Selanjutnya nicotine tipe ini kita sebut sebagai freebase nicotine. Semua rokok pabrikan modern dan juga liquid vape menggunakan freebase nicotine karena lebih efektif (dan juga adiktif) dibanding nicotine alami.

Tujuan utamanya adalah menciptakan sensasi nicotine yang sangat mirip dengan rokok. Liquid biasa mempunyai tantangan ekstra karena mereka harus menaikkan kadar nicotine agar setara rokok, tapi ini juga menaikkan throat hit dan tidak semua vaper kuat dengan 6mg atau 9mg.

Mereka memproses salt nicotine (nicotine alami) dengan benzoic acid, hasilnya adalah:

  • Nicotine dapat menguap dengan lebih efektif di suhu rendah dan mempunyai throat hit yang lebih halus.
  • Salt Nicotine menjadi lebih mudah diserap tubuh.

Pada dasarnya, antara freebase dan Salt Nic menggunakan cara ekstrak nikotin yang sama. Hanya saja, pada Salt Nic membutuhkan proses yang lebih panjang. Proses tersebut dengan tujuan mengubah karakteristik nikotin dari yang sebelumnya terasa harsh menjadi lebih soft dan nyaman untuk dihisap.

Selain lebih soft, nikotin juga lebih cepat diserap oleh tubuh dibanding dengan freebase liquid. Dengan demikian si pengguna lebih cepat memenuhi kebutuhan asupan nikotinnya. Bagi perokok konvensional yang ingin berpindah ke Pods Vape, Salt Nic mungkin dibutuhkan karena faktor kadar nikotin yang tinggi dan cepat terserap. Harapan pertamanya adalah, si Ex-smoker ini tetap dapat asupan nikotin sesuai kebutuhannya.

Sebagai kesimpulan :

  • Salt Nicotine yang diproses dengan benzoic acid mampu memberikan tendangan nicotine yang lebih efektif dari nicotine freebase.
  • Throat hit salt nicotine jauh lebih rendah dari freebase nicotine (dengan dosis yang setara).
  • Satu kali hisap salt nicotine mampu diserap tubuh hampir 10x lebih banyak (dan cepat) dari nicotine biasa.

Bagi perokok konvensional yang ingin berpindah ke Pods Vape, Salt Nic mungkin dibutuhkan karena faktor kadar nikotin yang tinggi dan cepat terserap. Harapan pertamanya adalah, si Ex-smoker ini tetap dapat asupan nikotin sesuai kebutuhannya.

Sehingga lama kelamaan dia bisa berhenti merokok secara total. Selain itu, tahap pertama mengurangi kadar nikotin dan tahap akhir adalah tanpa rokok dan tanpa vape atau mungkin tetap vaping dengan intensitas dan kadar nikotin yang rendah.

Ya memang, Salt Nic dapat membantu untuk berhenti merokok. Karena kadar nikotin yang tinggi, kita malah memberi kesempatan tubuh kita untuk menjadi lebih “haus” akan kebutuhan nikotin. Jadi, jika kita sudah nyaman dengan Freebase dan asupan nikotin selama ini, rasanya kita belum atau tidak perlu menambah kadar nikotin lagi.

Bersambung pada Pengertian Tentang Salt Nic bagian II

You might also like
Tags: , , ,

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu