Tidak ada Komentar

Rekam Jejak Perjalanan Vape dan Rokok Elektrik II

Rekam Jejak Perjalanan Vape dan Rokok Elektrik Bagian II

Melanjut pembahasan rekam jejak perjalanan vape dan rokok elektrik II, pada bagian pertama kita membahas tahun awal penemuan hingga pada tahun 1979 Phil Ray menyempurnakan penemuan Joseph Robinson. Fakta sejarah berkata lain, teknik vaping sudah dikenal sejak Mesir kuno, kemudian tahun 1927 Joseph Robinson menggagas “merokok tanpa rokok”, hingga populer. Baru pada tahun 2003, Hon Lik membuat perusahan e-cig modern di Tionghoa (Cina). Jadi Hon Lik bukanlah orang yang pertama atau pencipta teknik vaping untuk rokok, hanya saja Hon Lik bisa membaca peluang tersebut, apa lagi ia adalah seorang apoteker. Ia pasti mengetahui mafaat nikotin untuk tubuh manusia, sehingga ia memproduksi massal rokok bernikotin yang inovatif dengan kombinasi teknik vaping.

Tahun 1990

Nama “vape” mulai dipopulerkan

Banyak bermunculan alat inhaler nikotin yang di hak patenkan sepanjang abad ke-20 dan awal 2000-an, baik oleh perusahaan tembakau maupun penemu individu. Namun pada tahun 1998 FDA (Food and Drug Administration) menolak rokok elektronik untuk dipasarkan, dengan alasan bahwa rokok elektronik adalah bentuk alat penghantaran obat yang tidak disetujui. Sebenarnya keberadaan rokok elektrik (vaporizer) ini bisa dirunut dari jaman Herbert A. Gilbert di tahu 1963.

Pada saat itu Herbert mematenkan sebuah alat yang digunakan dengan sebutan “a smokeless non-tobacco cigarette”. Tapi dalah sejarah vaporizer, rokok elektrik karya Herbert belum berkembang. Tapi, adanya kesalahan bawaan membuat alat itu tidak pernah menjadi teknologi yang menjanjikan. Meski dalam prosesnya menemukan jalan buntu, kedua orang ini berhasil mempopulerkan kata “vape”. Pada tahun 1990-an, baik perusahaan tembakau maupun individu mulai banyak melirik industri rokok elektronik ini. inilah era rekam jejak perjalanan sejarah vape atau rokok elektrik mulai berkembang.

Tahun 2003

Kemudian pada tahun 2003 seorang penemu bernama Hon Lik menemukan sebuah alat e-ciggarette yang merupakan awal mula munculnya vapor. Dan pada tahun yang sama, Hon Lik mematenkan hak cipta atas rokok listriknya tersebut. Rokok elektronik pertama yang sukses dikomersilkan, dibuat di Beijing oleh Hon Lik. Ia mengembangkan perangkat dan memberikan nama rokok elektroniknya : Ruyan yang berarti ‘seperti asap’.

Cerita Hon Lik ketika menemukan e-ciggarette bisa dikatakan cukup unik. Dirinya menemukan inspirasi untuk membuat e-ciggarette di tahun 2000. Walaupun saat itu sudah ada rokok elektrik, Hon Lik merasa kurang puas. Sehingga ia berfikir dan berupaya untuk mengembangakan produk e-cigarrete serta menyempurnakan alat yang ditemukannya. Hon Lik merupakan seorang pecandu rokok konvensional berat yang sudah terlanjur menderita penyakit infeksi pernafasan. Dirinya cukup sering mengalami batuk dan bersin sehingga ia merasa kesulitan ketika hendak tidur. dan pada era ini sejarah telah mencatat rekam jejak perjalanan sejarah vape menuju awal penyempurnaan dan pengembangan rokok elektrik bagian II.

Bersambung..

 

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Fill out this field
Fill out this field
Mohon masukan alamat email yang sah.
You need to agree with the terms to proceed

Menu