No Comments

Rekam Jejak Perjalanan Vape dan Rokok Elektrik

Rekam Jejak Perjalanan Vape dan Rokok Elektrik

Kardinal Stick mencoba untuk mencatat rekam jejak sejarah perjalanan vape dan rokok elektrik dari waktu ke waktu. dimulai dari tahun 1930 hingga 2020. namun sebelum membahas lebih jauh sebaiknya kita pahami dulu pengertian rokok elektrik ini. Rokok elektrik (e-cigarette) atau vape atau vapor adalah sebuah perangkat yang dirancang untuk menghantarkan nikotin tanpa asam tembakau dengan cara memanaskan larutan nikotin, perasa, propilen glycol dan glycerin.

Struktur Komponen Vape

Seperangkat rokok elektrik adalah alat yang fungsinya mengubah zat-zat kimia menjadi bentuk uap dan mengalir ke dalam paru-paru dengan menggunakan tenaga baterai atau listrik. Struktur dasar rokok elektrik terdiri dari 4 komponen utama yaitu atomizer, mod, baterai, dan liquid.

1 Rebuildable Tank Atomizer (RTA)
Jenis atomizer ini memiliki tank. Umumnya tank ini terbuat dari kaca pyrex yang tidak mudah memuai, apabila kurang berhati-hati dapat pecah. Atomizer ini dapat menampung liquid yang lebih banyak dari pada menggunakan RDA.

2 Rebuildable Dripping Atomizer (RDA)
Jenis atomizer ini tidak memiliki tank. Cara kerjanya, Liquid diteteskan pada kapas dan coil kemudian dipanaskan sehingga menghasilkan uap. Karena tidak memiliki media tank, maka harus sering untuk meneteskan liquid.

3 Rebuildable Dripping Tank Atomizer (RDTA)
Jenis atomizer ini adalah perpaduan antara RDA dan RTA. Apabila tank pada RDTA ini pecah masih bisa digunakan, tidak seperti RTA.

Pembahasan rekam jejak sejarah perjalanan vape dan rokok elektrik dimulai, yuk kita bahas sejarah perjalanan vape bermula.

  • Dimulai tahun 1927

Rokok elektrik sebenarnya ditemukan kurang dari satu abad yang lalu pada tahun 1927 oleh seorang pria bernama Joseph Robinson. Robinson awalnya mengusulkan perangkat itu sebagai cara untuk menghasilkan “uap obat panas untuk dihirup”. Beberapa waktu berikutnya Joseph Robinson mengajukan hak paten penemuannya pada tahun 1930 .

( Desain Karya Temuan Joseph Robinson pada tahun 1927 )
  • Tahun 1965

Kemudian lebih dari 40 tahun setelah karya penemuanan Robinson, Herbert A Gilbert melanjutkan jejak perjalanan sejarah vape dari Joseph Johnson. Gilbert menggunakan teknologi yang tersedia pada tahun 1963, ia menciptakan alternatif rokok tanpa pembakaran.

( Desain Karya Temuan Herbert A Gilbert pada tahun 1965 )

Dia melaporkan menerima paten pada tahun 1965 (diajukan pada tahun 1963) dan membuat prototipe (mungkin tidak pernah termasuk nikotin), tetapi gagal untuk mengkomersialkannya. Dia mengaitkan kegagalan ini, perusahaan yang mungkin telah mengkomersialkannya lebih memilih menunggu patennya habis masa berlakunya daripada melisensikannya, meskipun tidak jelas apakah itu memiliki potensi komersial pada saat itu. Satu-satunya kekurangan dalam kreasinya adalah tidak cukup modis untuk dilepas saat itu. Namun, dengan teknologi dasar yang sama yang digunakan pada perangkat vaping saat ini, dia berhasil dan benar-benar meninggalkan jejaknya di industri.

  • Tahun 1979

Pada Tahun 1979, Phil Ray, salah satu pelopor komputer, bekerjasama dengan dokter pribadinya Norman Jacobson, untuk menciptakan variasi produk komersial pertama rokok elektrik ( yang sebenarnya bukan elektronik murni hanya fokus pada penguapan nikotin). Phil Ray melakukan penelitian formal pertama kali yang diketahui pada bidang penguapan nikotin.

Karya Phil Ray ternyata terdengar dimana-mana saat itu, Komersialisasi produk mencapai pengecer besar. Mereka menghasilkan sesuatu yang revolusioner yaitu dengan cara menghirup nikotin tanpa pembakaran. Perangkat tersebut mulai terlihat dan terasa lebih seperti rokok juga, meskipun itu sebenarnya adalah kertas yang direndam nikotin, bekerja tanpa pembakaran sama sekali. Idenya sendiri masih belum muncul, kemudian mencetuskan kata Vape sebagai istilah penamaan rokok elektrik.

Rekam Jejak Perjalanan Vape dan Rokok Elektrik Bersambung ….

You might also like
Tags: , ,

More Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu